Sektor Pertanian Halmahera Utara Diperkuat dengan Pengangkatan PPPK

Pangannews.id

Jumat, 12 Pebruari 2021 12:16 WIB

news
Foto : Penyerahan SK PPPK Penyuluh Pertanian Kabupaten Halmahera Utara yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Utara Yudhiahart Noija.

PanganNews.id Halmahera Utara - Sektor pertanian semakina diperkuat dengan tambahan SDM. Sesuai dengan Perpres 49/2018, telah dilakukan pengangkatan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) penyuluh pertanian di Halmahera Utara. 

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan tambahan tenaga SDM ini harus membuat pertanian lebih optimal.  

“Sektor pertanian terus berkembang, bahkan saat semua sektor terganggu dengan Covid-19, sektor pertanian terus tumbuh. Pertumbuhan ini harus terus kita jaga. Oleh karena itu, pertanian membutuhkan SDM SDM yang berkualitas,” katanya. 

Lebih lanjut Mentan SYL mengatakan, SDM pertanian merupakan faktor utama dalam mendukung peningkatan produksi.

"Karena dari hasil penelitian, kontribusi SDM mencapai 50% terhadap peningkatan produktivitas. Sedangkan hasil inovasi teknologi dan sarana produksi kontribusinya sebesar 25%,” jelasnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan pengangkatan PPPK ini memperkuat jajaran SDM penyuluh pertanian di lapangan. 

Hal ini juga menunjukkan dukungan nyata pemerintah dalam upaya meningkatkan produksi pertanian.

"Dengan adanya pengangkatan PPPK diharapkan dapat semakin memperkuat sumber daya manusia (SDM) di sektor pertanian," katanya.

Penyerahan SK PPPK Penyuluh Pertanian Kabupaten Halmahera Utara dilakukan oleh Bupati Halmahera Utara yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Utara Yudhiahart Noija, Kamis (11/2/2021).

Kegiatan dilaksanakan di Pendopo Lt II Kantor Bupati Halmahera Utara, diikuti oleh 51 orang PPPK dan 1 orang tidak hadir karena sakit atas nama Yeni Maleba. 

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala BKD, Sekretaris BKD dan dari Dinas Pertanian dihadiri oleh Sekretaris yang mewakili Kepala Dinas, Kasi Kelembagaan,  Kasi Ketenagaan dan staf  Dinas Pertanian Kabupaten Halmahera Utara.

Pada kesempatan ini disampaikan penjelasan Perjanjian Kerja dari BKD yang disampaikan oleh Kaban, Sekretaris dan Kabid yang membidangi, Liza Akerina. Dan dilanjutkan dengan penyelesaian administrasi berkas perjanjian kerja dan berkas diserahkan ke BKD. 

Sebanyak 52 orang PPPK Penyuluh Pertanian tersebut  akan bertugas di Wilayah Binaan yang telah tersebar di 196 Desa di 17 Kecamatan/ 12 BPP untuk memperkuat Sumberdaya Manusia (SDM) Pertanian di lapangan mendampingi pelaku utama pembangunan pertanian. (SHH/HVY)


Kolom Komentar

You must login to comment...