Dinas Pangan Dukung SMK PPN Gorontalo

Pangannews.id

Senin, 06 Desember 2021 17:21 WIB

news
Foto : Dinas Pangan Provinsi Gorontalo Mengadakan Kunjungan ke SMK PPN Gorontalo.

PanganNews.id Gorontalo - Inpres Nomor 9 tahun 2016 yang ditujukan kepada kementerian dan para Gubernur diharapkan dalam rangka sinergi antar pemangku kepentingan dalam merevitalisasi SMK guna meningkatkan kualitas dan daya saing sumberdaya manusia. Salah satu bentuk instruksi tersebut adalah mengembangkan SMK unggulan sesuai dengan potensi wilayah masing-masing.

Dalam rangka sinergi tersebut, beberapa waktu sebelumnya kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo, Sutrisno mengadakan kunjungan ke SMK PPN Gorontalo dan beliau memberikan respon yang sangat positif atas Visi SMK PPN dengan branding Pusat Koleksi Tanaman dan Pusat Pembibitan dan hari ini 6 Desember 2021, Sutrisno beserta Helly Mangundap selaku kepala bidang Konsumsi dan keamanan pangan kembali berkunjung ke SMK PPN dan memberikan bantuan satu set sarana hidroponik dengan kapasitas 100 lubang tanam. Pada kesempatan tersebut kepala Dinas Pangan dan kepala bidang konsumsi dan keamanan pangan juga melakukan penanaman buah dan tanaman obat di kebun praktik SMK PPN Gorontalo.

Pada penyerahan bantuan tersebut, Sutrisno memberikan harapan besar kepada SMK PPN akan semakin berkembang pada masa yang akan datang karena dari tahapan Visi sekolah sudah mulai tampak di lapangan dimana kita dapat menyaksikan berbagai koleksi tanaman obat, tanaman buah, tanaman hias dan tanaman adat Gorontalo dan disamping itu berbagai jenis bibit sudah tersedia dan siap dipasarkan. Bahkan alumni SMK PPN akan menjadi alumni SMK Pertanian pertama yang paham betul tentang berbagai jenis koleksi tanaman, lanjutnya. 

Helly Mangundap turut merasa bangga karena pada kunjungan tersebut disuguhi lima macam minuman sehat dan alami racikan siswa dan berasal dari tanaman yang dikembangkan oleh SMK PPN. Bahkan oleh kepala sekolah Jamaluddin Hamid menyampaikan bahwa pada waktu yang akan datang sedikitnya SMK PPN dapat memproduksi bibit dan minuman sehat dari 9 macam tanaman yang ada di SMK PPN selain berbagai macam tanaman buah, tanaman hias dan tanaman adat Gorontalo yang harus dilestarikan sebagai kearifan lokal. Dari hasil koleksi saat ini telah banyak menerima kunjungan dari berbagai kalangan masyarakat dan semoga dengan dukungan berbagai stakeholder, SMK PPN Gorontalo akan semakin berkembang pada masa yang akan datang, lanjut Jamaluddin menutup perbincangan dengan Pangannews.


Kolom Komentar

You must login to comment...