oleh

Dengarkan Curhatan Penyuluh, Karantina Pertanian Gorontalo: Perjuangan Mereka Totalitas

PanganNews.id– Gorontalo. Kepala Balai karantina selaku penjab kegiatan utama kementan melihat langsung potensi pertanian di Kabupaten Gorontalo Utara yang  memiliki lahan pertanian sebesar 60% dari total luas yang ada. Agenda kali ini tidak hanya bertemu di meja, tidak hanya sekedar berdiskusi dua arah, tapi turun langsung dan bertatap muka dengan para penyuluh di masing-masing BPP di 4 kecamatan (Sumalata Timur, Sumalata, Biauw dan Tolinggula) yang dilanjutkan diskusi langsung dengan para petani yang sedang bekerja di sawah untuk melakukan penanaman musim tanam kedua.

“Pendampingan kali ini sedikit berbeda, kami melakukan monitoring dan evaluasi langsung terhadap penyuluh di masing-masing desa yang ada di 4 kecamatan untuk mendapatkan data real tentang capaian Luas Tambah Tanam (LTT) baik padi maupun jagung di Musim Tanam ke 2 (MT II),” ujar Indra Dewa selaku Ketua Penjab kegiatan utama Kementan di 3 Kabupaten di Provinsi Gorontalo.

“Data yang kami kumpulkan akan kami sandingkan dengan target dan realisasi LTT Asep (Agustus – September) Gorontalo Utara yaitu sebesar 5.534 Ha dan kami yakin target bisa kami capai 100% bila melihat laporan dan kondisi real di lapangan,” tambah Novi selaku Kabid Tanaman Pangan yang mendampingi dalam kegiatan supervisi kali ini.

Melihat totalitas para penyuluh dalam mendampingi petani, Kepala Balai selaku Penanggung Jawab (PJ) kali ini tidak hanya melakukan monev, namun juga memberikan motivasi kepada penyuluh, serta menyempatkan sejenak mendengar seluruh keluh kesah, hambatan, harapan dan impian demi kemajuan pertanian Indonesia.

“Kami tidak meminta macam-macam, kami sudah sangat senang Kementerian Pertanian hadir lebih dekat dengan kami, melihat pengabdian kami, melihat perjuangan kami dan melihat langsung apa yang kami lakukan dengan petani demi menjaga ketahanan pangan negeri ini,” curhat Indra Sandi salah satu penyuluh di Kecamatan Sumalata Timur.

Indra Dewa menjelaskan bahwa hasil pendampingan kali akan kami rangkum dan laporankan kepada Bapak Menteri Pertanian melalui PJ Provinsi Gorontalo yaitu Kepala Pusat Penyuluh Pertanian. Selain data LTT, masukan dan harapan dari para penyuluh terkait KUR, bantuan benih, Alsintan, irigasi, kondisi BPP juga akan disampaikan. Termasuk curhatan soal kesejahteraan para penyuluh yang membuat suasana makin hangat oleh selingan canda gurau.

Akhir sesi ditutup dengan yel-yel penyemangat, “Penyuluh pertanian !” Maju, Mandiri dan Modern Pertanian Indonesia !

#KarantinaPertanianGorontalo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed