oleh

Koordinasi dan Konsolidasi sebagai Kunci Keberhasilan Kegiatan Utama

PanganNews.id. Kalimantan Utara – Sektor pertanian merupakan sektor strategis dan memegang peranan penting dalam pemenuhan kebutuhan pangan 267 juta jiwa lebih penduduk Indonesia. Melalui program utamanya, Kementerian Pertanian berupaya untuk mewujudkan pertanian Indonesia maju mandiri dan modern untuk meningkatkan kesejahteraan hidup rakyat Indonesia. Terdapat beberapa program strategis dan kegiatan utama Kementerian Pertanian yang telah ditetapkan dalam upaya peningkatan nilai tambah komoditas pertanian, diantaranya peningkatan produksi tanaman pangan, pengembangan kawasan hortikultura, perkebunan, peningkatan populasi ternak, fasilitasi prasarana dan sarana pertanian, serta peningkatan ekspor komoditas pertanian.

Dalam rangka percepatan pelaksanaan program utama Kementerian Pertanian tersebut, dan Karantina Pertanian Tarakan sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian bersama Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Utara mendapatkan tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan supervisi dan pendampingan program utama di tingkat Kabupaten/Kota berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian. 

Kepala Karantina Pertanian Tarakan, Akhmad Alfaraby menegaskan bahwa sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan program dan kegiatan utama Kementerian Pertanian, Karantina Pertanian Tarakan didampingi DPKP Provinsi Kalimantan Utara tanggal 1-4 Juli 2020 ini telah melaksanakan koordinasi dengan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Tana Tidung serta Dinas Pertanian Kabupaten Malinau dan dilanjutkan dengan kunjungan langsung ke lapangan untuk memonitor sejauh mana realisasi program dan kegiatan utama dilaksanakan.

Koordinasi dengan Dinas setempat juga bertujuan untuk mengevaluasi permasalahan yang terjadi di lapangan. Berdasarkan pengamatan pada saat kunjungan ke lapangan tampak bahwa pemerintah daerah kedua Kabupaten sangat mendukung pelaksanaan dan percepatan realisasi program dan kegiatan utama Kementan. Bentuk dukungan pemerintah daerah diantaranya dorongan dan pendampingan kepada petani dalam upaya peningkatan produksi pertaniannya.

petani juga diberikan pemahaman dan pendampingan untuk menanam padi dua kali dalam setahun. Sementara itu di Kabupaten Malinau, Dinas Pertanian mendorong petaninya untuk menanam padi tiga kali dalam setahun. Selain itu, petani juga diberikan penyuluhan tentang pola tanam yang baik untuk mendapatkan produksi yang tinggi.

Koordinasi dan konsolidasi sangatlah penting dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan. Peran serta seluruh pihak menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan kegiatan di lapangan secara komprehensif serta tercapainya tujuan dari progam dan kegiatan utama yang telah ditetapkan.

“Kami sangat berterima kasih dan salut kepada pemerintah daerah Kabupaten Tana Tidung dan Kabupaten Malinau serta para petani di kedua Kabupaten tersebut atas antusiasme dan kerjasamanya untuk selalu mendukung, merealisasikan dan membantu kelancaran terlaksananya program kegiatan utama Kementerian Pertanian di Kabupaten umumnya di Propinsi Kalimantan Utara”, pungkas Alfaraby.

Mari bersama mendukung terlaksananya program dan kegiatan utama Kementerian Pertanian untuk pertanian Indonesia yang mandiri dan kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia yang lebih baik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed