oleh

Pandemi Covid-19 Tak Surutkan Permintaan Sapi Potong Gorontalo

Panngannews Gorontalo (06/6), Pandemi Covid-19 tidak mempengaruhi lalu-lintas Komoditas Sapi Potong Gorontalo, sebanyak 142 ekor sapi jantan siap potong telah dilakukan pemeriksaan fisik dan pengambilan spesimen darah untuk sertifikasi kesehatan hewan karantina sebelum berlabuh menuju Pelabuhan Laut Balikpapan Kalimantan.

Laras Istian Widodo memimpin tim pada Tindakan Karantina Hewan (TKH) kali ini, bersama Paramedik Veteriner, TKH dilakukan untuk menjamin kesehatan ternak sebelum di kirim agar tidak terjadi perpindahan penyakit zoonosis seperti Brucellosis. Pemeriksaan fisik dan pengambilan spesimen darah akan ditindak lanjuti dengan uji di laboratorium, untuk memastikan ternak tersebut reaktif apa tidak dengan metode pengujian RBT ( Rose Bengal Test ) dimana metode ini telah mendapatkan Akreditasi ISO/IEC 17025-2017. Sapi Potong ini akan diangkut dengan Kapal Ternak Camara Nusantara 5 yang tentunya biayanya lebih ekonomis dan menguntungkan bagi pengguna jasa.

“Meskipun Pandemi Covid 19 di Gorontalo kurvanya masih bertambah tapi tidak meyurutkan semangat kami dalam memberikan pelayanan prima kepada pengguna jasa dan menjaga perekonomian masyarakat tetap berjalan tentunya tetap bekerja sesuai protokol pencegahan covid 19,” ujar  M. Taufik Kurniawan selaku Kepala Seksi Karantina Hewan.

Peran penting karantina dalam menjamin kesediaan kebutuhan ternak di dalam ataupun diluar Gorontalo, yaitu dengan menjamin bahwa semua komoditas yang dilalulintaskan bebas dari Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed