Kementerian Pertanian Kembali Mendapatkan Penghargaan Atas Penyerahan Arsip Statis Sebagai Memory Kolektif Bangsa

Pangannews.id

Selasa, 22 November 2022 16:23 WIB

news
Foto : Penyerahan Arsip Statis dan juga Menerima Langsung Piagam Penghargaan.

PanganNews.id Jakarta - Hari ini Selasa 22 November 2022 bertempat di Hotel RA Suites Jl. TB.Simatupang Jakarta, Arsip Nasional RI mengadakan Rapat Koordinasi Penyerahan Arsip Statis Nasional.

Pada kesempatan ini, dilakukan kegiatan Penandatangan BAST dan Penyerahan Arsip Statis yang bernilai kesejarahan sebagai Memori kolektif Bangsa, serta diberikan Piagam Penghargaan kepada 27 Kementerian dan Lembaga yang hadir dan secara aktif berpartisipasi dalam penyerahan arsip statis.

Kementerian Pertanian, telah secara aktif melakukan penyusutan arsip baik itu pemusnahan arsip dan penyerahan arsip statisnya.

Hingga saat ini penyerahan arsip statis kepada ANRI telah dilakukan sebanyak 13 kali terhitung dari tahun 2013 sampai akhir tahun 2022 saat ini.

Pada momentum Rakoor ini arsip yang diserahkan adalah arsip berkategori Statis berupa DIPA dari Setjen dan Penyelamatan COVID-19 dari Eks Badan Litbang, dengan rincian sebagai berikut :

1) Arsip Statis

Berupa arsip DIPA Induk Kementerian Pertanian dengan tingkat perkembangan asli sebanyak 3 boks, terdiri atas 47 nomor berkas dengan kurun waktu Tahun 2003 sd 2016. Arsip tersebut berasal dari proses usul pindah dari Unit Kearsipan II Biro Perencanaan ke Unit Kearsipan I Kementerian Pertanian.

2) Arsip COVID-19

Berupa Arsip penelitian dengan tingkat perkembangan kopi autentik yakni 1 boks terdiri atas 3 nomor berkas dengan kurun waktu 2020 sd 2021. Arsip tersebut berupa arsip penelitian berupa Laporan Produk Nanoenkapsulasi anti virus berbasis minyak Eucalyptus.

Dengan nomor surat persetujuan Nomor : B-4208/TU.140/A/11/2022 tanggal 18 November 2022.

Selanjutnya, mewakili Kementan hadir Plt Kepala Biro Umum dan Pengadaan yakni Bapak Drs. Zulkifli, MM, yang secara simbolis melakukan penyerahan arsip Statis dan juga menerima langsung Piagam Penghargaan dari Kepala ANRI Bapak Imam Gunarto

Ucapan terima kasih dan selamat kepada Unit Eselon I lingkup Kementan atas kerjakeras dan prestasinya dalam mendukung penyelenggaraan Kearsipan menuju Pertanian yang Maju, Mandiri, dan Modern.


Kolom Komentar

You must login to comment...