Monitoring Potensi Kerbau Moa, Inspektur Jenderal Kementan Kunjungi Kabupaten Maluku Barat Daya

Pangannews.id

Kamis, 24 November 2022 10:00 WIB

news
Foto : Inspektur Jenderal (Irjen) Kementan, Jan Samuel Maringka dalam Kegiatan Dialog Jaga Pangan yang dilaksanakan di Pulau Moa, Rabu (23/11).

PanganNews.id Maluku - Kerbau Moa (Si Raja Lumpur Tak Berlumpur) yang merupakan Plasma Nutfah Daerah Maluku, tersebar di Kepulauan Leti, Moa, Lakor yang merupakan tiga pulau besar di wilayah Kecamatan Serwaru Kabupaten Maluku Barat Daya. Kerbau Moa telah mendapat perhatian dari Presiden RI Joko Widodo. Presiden RI Joko Widodo dengan dilakukannya kunjungan ke peternak kerbau di Desa Werwaru, Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya.

Inspektorat Jenderal dengan tag line “Jaga Pangan Jaga Masa Depan” berkomitmen untuk membangun kemitraan strategis dengan stakeholder pertanian. Inspektur Jenderal (Irjen) Kementan, Jan Samuel Maringka dalam Kegiatan Dialog Jaga Pangan yang dilaksanakan di Pulau Moa, Rabu (23/11) menekankan melalui fungsi pengawasannya akan memastikan bahwa program pemerintah melalui Kementerian Pertanian di Kabupaten Maluku Barat Daya, khususnya pengembangan kerbau Moa, tepat waktu, tepat mutu, dan tepat sasaran untuk mewujudkan pertanian yang berkualitas dan mengembangkan potensi daerah dalam menjaga ketahanan pangan.

Diharapkan dengan adanya kunjungan ini pengembangan kerbau moa sebagai salah satu potensi daerah guna menjaga ketahanan pangan khususnya daging dapat terwujud. Hal tersebut tentu perlu didukung dengan adanya kolaborasi lintas sector baik di pusat maupun daerah.


Kolom Komentar

You must login to comment...