Gelar Pangan Murah, Upaya Kementan Penuhi Kebutuhan Jelang Natal dan Tahun Baru 2023

Pangannews.id

Selasa, 27 Desember 2022 15:55 WIB

news
Foto : Pasar Mitra Tani Kementerian Pertanian menyelenggarakan Gelar Pangan Murah (GPM) pada Jumat (23/12) di Kantor Kecamatan Cinere, Depok.

PanganNews.id Depok - Jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), harga pangan cenderung mengalami kenaikan. Guna menjaga stabilisasi harga khususnya di masyarakat, Pasar Mitra Tani (PMT)/ Toko Tani Indonesia Center (TTIC) binaan Kementerian Pertanian menyelenggarakan Gelar Pangan Murah (GPM) pada Jumat (23/12) di Kantor Kecamatan Cinere, Depok.

“Jadi memang penyelenggaraan pasar murah ini adalah salah satu upaya Kementerian Pertanian untuk menjaga stabilitas pasokan juga harga. Sebenarnya, tidak tidak hanya di outlet TTIC, tetapi turut digelar di sejumlah titik lokasi yang mudah dijangkau masyarakat. Tak hanya dilayani di lokasi pelaksanaan, namun juga menyediakan layanan pesan-antar menggunakan berbagai aplikasi daring,” ujar Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto dalam sambungan telepon, Jumat (23/12).

PMT/TTIC ini, terang Prihasto, diharapkan dapat berperan memperpendek rantai pasok dengan mendekatkan sumber produksi pangan, sehingga mudah diakses masyarakat dengan harga terjangkau. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperkuat akses masyarakat terhadap bahan pangan yang berkualitas dengan harga terjangkau, terutama pada Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 ini. 

Seperti yang tampak, gelaran GPM ini disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat sekitar karena harga yang dipatok jauh lebih murah dari harga pasar. Selain Bogor dan Bekasi, Cinere juga menjadi salah satu lokasi terselenggaranya GPM. Warga tampak antusias mengikuti aktifitas berbelanja yang diadakan oleh Kementerian Pertanian. 

“Harga yang diberikan jauh lebih murah dengan kualitas produk yang bagus sehingga banyak warga berbondong-bondong hadir untuk berbelanja langsung. Selain itu, kami berharap kegiatan Gelar Pangan Murah dapat terus dilaksanakan di Kecamatan Cinere,” ujar Sekretaris Kecamatan Cinere, Iyay Gumilar.

Kegiatan yang didukung Direktorat Jenderal Hortikultura ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperkuat akses masyarakat terhadap bahan pangan yang berkualitas dengan harga terjangkau, terutama pada Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 ini. 

"Tren permintaan bahan pangan memang biasanya mengalami kenaikan jelang hari besar seperti Natal dan Tahun Baru ini. Karena itu, kita bantu masyarakat dengan memfasilitasi melalui Gelar Pangan Murah di beberapa lokasi mendekatkan ke masyarakat," ungkap Manager TTIC, Nurhayati

Dalam kegiatan GPM ini, PMT/ TTIC menjual berbagai komoditas pangan yang dibutuhkan masyarakat, terutama bahan pangan pokok/strategis. Harga beras medium (Rp 9.400,-/kg), minyak goreng (Rp 16.000,-/liter), gula pasir (Rp 13.500,-/kg), bawang merah (Rp 28.000,-/kg), bawang putih (Rp 18.000,-/kg), cabai keriting (Rp 25.000,-/kg), cabai rawit merah (Rp 37.000,-/kg), telur ayam (Rp 27.500,-/kg), daging sapi (Rp 95.000,-/kg), dan daging ayam beku (Rp 34.000,-/kg).


Kolom Komentar

You must login to comment...