Dari Hobi hingga Jadi Bisnis, Warga Bogor Sukses Kembangkan Budidaya Lobster

Jurnalis Pangannews

Minggu, 21 Januari 2024 10:12 WIB

news
Bisnis lobster Reza bukan hanya sekadar peluang usaha, tetapi juga perjalanan menarik bisnis (Istimewa)

PanganNews.id, Bogor - Reza, sosok yang sejak kecil memiliki kegemaran mengonsumsi lobster, kini mengubah hobinya menjadi bisnis menarik.

Warga RT 2 RW 1 Kelurahan Tegallega ini tidak hanya menyajikan lobster dalam hidangan, tetapi juga memutuskan untuk membuka bisnis budidaya lobster yang menggiurkan.

"Pada akhir Maret 2023, saya akhirnya memberanikan diri untuk memulai budidaya lobster. Saya beli bibit jenis Red Claw dari rekan di Cilebut, yang sebelumnya bekerja sama dengan BUMN," kata Reza,.

Berbekal riset dan pengetahuan dari artikel di internet dan video YouTube tentang budidaya lobster, Reza membangun empat kolam pembiakan lobster di halaman belakang rumahnya yang berukuran 80 meter persegi.

Belasan akuarium juga disiapkan sebagai tempat induk lobster mengerami telur-telur calon burayak.

"Saya atur sirkulasi air dan sistem pembersihan kolam dengan cermat untuk membuat lobster-lobsternya nyaman dan beradaptasi. Suhu ruangan juga dijaga ketat supaya mereka dapat tumbuh dengan optimal," jelasnya.

Meski dihadapkan pada tantangan sulit, Reza berhasil sukses mengembangbiakkan lobster-lobsternya. Saat ini, jumlah lobsternya sudah dua kali lipat lebih banyak dari bibit yang dibeli. Rencananya, lobsternya akan dipasarkan pada bulan Agustus mendatang.

Reza tidak hanya memasarkan produknya ke restoran, tetapi juga membuka peluang bagi masyarakat untuk menggeluti budidaya lobster. "Satu set berisi 10 ekor lobster, 6 betina dan 4 jantan, dengan harga bervariasi mulai dari Rp150 ribu hingga Rp250 ribu," cerita Reza.

Menurutnya, lobster air tawar memiliki keunggulan dibanding lobster air laut, seperti tingkat kolesterol yang lebih rendah, daging yang lebih lembut, dan rasa yang lebih manis.

Ke depan, Reza berencana untuk terus mengembangkan tambak lobsternya dengan konsep kolam apartemen yang modern dan efisien. Bisnis lobster Reza bukan hanya sekadar peluang usaha, tetapi juga perjalanan menarik dari hobi ke dunia bisnis yang penuh prestasi.

Reporter: Ajat Nicko
Editor: R Muttaqien


Kolom Komentar

You must login to comment...