Keberhasilkan Kabupaten Cianjur Stabilkan Harga Pangan Lewat Gerakan Pangan Nasional

Jurnalis Pangannews

Senin, 15 April 2024 09:01 WIB

news
Pemkab Cianjur berharap dapat memfasilitasi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok.

PanganNews.id, Cianjur- Dalam mengantisipasi Hari Besar Keagamaan Nasional, Pemerintah Kabupaten Cianjur melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten (DTPHPKP) Kabupaten Cianjur telah menginisiasi Gerakan Pangan Nasional.

Bertempat di Lapangan Desa Kademangan, Kecamatan Mande, langkah ini bertujuan menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan jelang Idulfitri 2024.

"Gelaran Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Idulfitri 2024 yang diselenggarakan oleh Badan Pangan Nasional secara daring merupakan upaya serentak di 514 Kabupaten/Kota di Indonesia," ungkap Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi.

Menyambut langkah ini, Bupati Cianjur Herman Suherman menegaskan peran aktif Pemerintah Kabupaten Cianjur dalam menjaga pasokan dan harga pangan.

"Harga ketahanan pangan di Kabupaten Cianjur relatif stabil. Guna memudahkan masyarakat, kami menyediakan kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, gula pasir, dan aneka makanan olahan," tambahnya.

Bupati Suherman juga menyoroti persiapan menghadapi potensi bencana alam, termasuk El Nino yang diperkirakan muncul pada tahun 2025.

"Kami telah mengambil langkah-langkah proaktif seperti pencetakan sawah baru dan pemompaan air dari sungai untuk meningkatkan ketahanan pangan," ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Suherman mengajak generasi muda untuk turut serta dalam pertanian.

"Mari bergabung dengan petani dan bantu menjaga lumbung padi kita. Tahun ini, kami mencetak lahan baru sebanyak 200 Ha," pungkasnya.

Penulis: Ajat Nicko
Editor: R Muttaqien


Kolom Komentar

You must login to comment...