Pemkab Purwakarta Gencarkan Pemeriksaan Hewan Ternak, Antisipasi PMK Jelang Idul Adha

Jurnalis Pangannews

Kamis, 06 Juni 2024 10:30 WIB

news
ilustrasi pemeriksaan hewan. (metropolitan.id)

PanganNews.id, Purwakarta - Jelang Idul Adha 2024, pemeriksaan hewan ternak gencar dilakukan petugas Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarta.

Dinas terkait melakukan pemeriksaan terhadap surat jalan hewan ternak yang masuk ke Pasar Hewan Ciwareng, Purwakarta.

Selain pemeriksaan terhadap surat jalan, dilakukan juga vaksinasi dan pemeriksaan terhadap fisik hewan ternak.

Kapala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarta, Wini Karmila mengatakan, pihaknya melakukan pemeriksaan di pintu masuk Pasar Hewan Ciwareng Kabupaten Purwakarta.

Adapun pemeriksaan yang dilakukan diantaranya adalah surat jalan hewan ternak dan kelengkapan vaksin. Bila di pasar hewan tersebut ditemukan hewan yang belum divaksin, pihaknya akan langsung meberikan vaksin terhadap hewan tersebut.

"Kami melakukan pemeriksaan baik dari segi administrasi maupun kondisi kesehatan hewan," kata dia.

Ia menuturkan, hal tersebut dilakukan untuk mencegah adanya hewan terjangkit penyakit mulut dan kuku atau PMK. Selain itu nantinya petugasnya juga melakukan pemeriksaan terhadap hewan yang diperdagangkan di lokasi pasar tersebut.

"Dari pemeriksaan yang telah dilakukan sementara ini, belum ditemukan adanya kasus penyakit zoonosis pada ternak sapi maupun kerbau," tutur dia.

Wini menyebut, pemeriksaan tersebut akan terus gencar dilakukan menjelang hari raya qurban Idul Adha 2024.

"Rata rata hewan ternak dari luar masuk sekitar 500 ekor. Penjualan naik dari hari biasa yang sekitar 200 ekor," pungkas dia.

Editor : R Muttaqien


Kolom Komentar

You must login to comment...