Perayaan Natal Kementan, Mentan Ajak Umat Nasrani Bersama Sukseskan Program Pertanian 2023

Pangannews.id

Sabtu, 14 Januari 2023 07:37 WIB

news
Foto : Mentan Syahrul usai perayaan Natal Kementan di Gedung F, Kanpus Kementan, Jakarta, Jumat(13/1/23).

PanganNews.id Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajak seluruh pegawai nasrani di Kementerian Pertanian (Kementan) memiliki semangat natal dalam berkontribusi pada peningkatan kinerja sektor pertanian. Langkah serentak ini diharapkan akan menjadi upaya konkret dalam menyukseskan program 2023 Kementan. 

"Tahun 2023 merupakan tahun yang penuh tantangan dan kita harus jawab dengan kerja keras dan penuh semangat, agar apa yang kita cita-citakan dapat terwujud. Melalui kegiatan ini pula diharapkan mampu membangun persaudaraan dan silahturahmi di kalangan insan pertanian guna mendukung pembangunan pertanian,"kata Mentan Syahrul usai perayaan Natal Kementan di Gedung F, Kanpus Kementan, Jakarta, Jumat(13/1/23).

Mentan menambahkan natal Korpri Kementan setiap tahun dilaksanakan dengan meriah menunjukkan toleransi antar agama di Kementan berjalan dengan baik dan kondusif. Tidak hanya itu, capaian kinerja Kementan juga tentu merupakan doa bersama seluruh pegawai Kementan.

"Saya berharap perayaan Natal ini dapat dijadikan momentum untuk merefleksi diri terhadap peran dan sumbangan kita dalam pembangunan pertanian,"tambah Kementan.

Lebih lanjut, Syahrul mengatakan kinerja Kementan selama tiga tahun terakhir ini patut diberikan apresiasi karena capaian yang sangat menggembirakan di tengah situasi dunia yang sulit, masa pandemi covid 19 dan berbagai tantangan global lainnya. 

"Sesuai data BPS, selama pandemi Covid-19, sektor pertanian menjadi bantalan perekonomian nasional. Pertanian itu lapangan kerja, pertanian itu penggerak ekonomi,"ucap Mentan.

Kementan terus berupaya menjaganya melalui penyediaan pangan yang mencukupi. Strategi Baru menghadapi krisis pangan dunia yakni peningkatan kapasitas produksi pangan untuk komoditas pengendali inflasi seperti cabai dan bawang merah; serta untuk mengurangi impor seperti kedelai, jagung, gula tebu, dan daging sapi. 

"Prestasi yang paling membanggakan pada tahun 2022, diraihnya pengakuan Swasembada Beras dan resilensi pertanian yang diberikan IRRI bertepatan pada ulang tahun Republik Indonesia,"kata Syahrul.

Anggota Komisi IV DPR RI, Mindo Sianipar mengatakan melalui perayaan natal Korpri Kementan, saya berharap semangat Kementan dalam mencapai kedaulatan pangan bisa terlaksana melalui program kegiatan 2023. 

"Semangat natal ini kita harapkan menjadi giat seluruh pegawai Kementan dalam merealisasikan program Kementan tidak hanya swasembada tapi kita menuju kedaulatan pangan,"kata Mindo.

Bersamaan, Ketua Natal Kementan, Risma Juniarti Paulina Silitonga mengatakan natal Kementan mengangkat tema "Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain (Mat 2 : 12)" yang dihadiri oleh seluruh pegawai Kementan di seluruh Indonesia.

"Dalam pelaksanaan dan persiapan peryaan natal , panitia menghadapi kendala dan hambatan diantaranya padatnya aktivitas tugas pekerjaan unit kerja diakhir dan awal tahun yang menyebabkan koordinasi panitia yang sekaligus karyawan terhambat,"kata Risma.

Namun, lanjut Risma, perayaan Natal Korpri Kementan berjalan dengan sukses dengan koordinasi dan bantuan berbagai pihak baik moril maupun materiil. Melalui perayaan natal Korpri diharapkan seluruh pegawai Kementan yang beragama nasrani mengambil pesan natal menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas kepada bangsa dan negara.

" Selamat natal saudara - saudariku seluruhnya dan semangat bekerja, mari kita sukseskan program Kementan 2023,"tutup Risma.


Kolom Komentar

You must login to comment...