Serahkan Bantuan Benih, Bentuk Nyata Dukungan Kementerian Pertanian dalam Pengengembangan Sentra Hortikultura Kabupaten Bangka Tengah 

Pangannews.id

Jumat, 26 Mei 2023 10:23 WIB

news
Direktur Perbenihan Hortikultura, Inti Pertiwi Nashwari, menyerahkan simbolik bantuan benih hortikultura kepada Bupati Bangka Tengah. (Dok. Kementan)

PanganNews.id Kab. Bangka - Kabupaten Bangka Tengah memiliki potensi pertanian yang sangat menjanjikan, khususnya dalam pengembangan komoditas hortikultura. Sesuai dengan Keputusan Menteri Pertanin No. 472/Kpts/RC.040/6/2018 tentang Lokasi Kawasan Pertanian Nasional, Kabupaten Bangka Tengah telah ditetapkan sebagai salah satu lokasi kawasan nasional komoditas prioritas hortikultura. Produk hortikultura unggulan Bangka Tengah diantaranya adalah bawang merah dan cabai, dua komoditas yang sering dikaitkan dengan inflasi. 

Pada tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Bank Indonesia karena mampu mewujudkan aksi nyata dalam Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) melalui kegiatan Panen Bawang Merah, Persemaian Bawang Merah, dan pelaksanaan kegiatan klaster bawang merah yang dimulai pada tahun 2020 di 7 kelompok tani.

Komitmen untuk terus melaksanakan amanat sebagai sentra hortikultura terus digaungkan oleh Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, ST. Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah untuk memperkuat pengembangan hortikultura dengan melakukan kunjungan ke Direktorat Jenderal Hortikultura pada bulan Desember 2022. Sebagai bentuk tindak lanjut dari hasil pertemuan tersebut, pada hari Kamis, 25 Mei 2023 Bupati Bangka Tengah menerima kunjungan kerja Direktur Perbenihan Hortikultura di kantor Bupati. Pada kesempatan tersebut dilakukan audiensi untuk terus memperkuat sinergi penguatan pengembangan komoditas hortikultura di Bangka Tengah. “Pemerintah Kabupaten sangat mengharapkan adanya dukungan Pusat untuk terus mengembangkan hortikultura apalagi semenjak ditetapkannya Bangka Tengah sebagai sentra hortikultura, kolaborasi berbagai stakeholder sangat penting untuk mendukung kami melaksanakan tanggung jawab tersebut”, ujar Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, ST.

Direktur Perbenihan Hortikultura, Dr. Inti Pertiwi Nashwari, SP. MSi menyerahkan simbolik bantuan benih hortikultura kepada Bupati Bangka Tengah. Adapun benih yang diserahkan adalah benih buah dan sayuran semusim, berupa kangkung, cabai, terong, bayam, kacang panjang, jagung manis, mentimun, tomat, sawi, melon dan semangka. Jumlah benih yang diberikan oleh Direktorat Perbenihan Hortikultura setara dengan luas pengembangan sebesar 121,31 hektar.

Direktur Perbenihan Hortikultura, Dr. Inti Pertiwi Nashwari menyampaikan bahwa “Suksesnya Bangka Tengah dalam pengembangan sentra hortikultura sehingga mampu mengendalikan inflasi merupakan prestasi luar biasa yang harus diapresiasi, melalui bantuan benih ini menjadi bentuk nyata sinergi dengan daerah untuk terus menjaga stabilitas supply komoditas hortikultura.” 

Direktur Perbenihan Hortikultura setelah melakukan audiensi, dilanjutkan dengan melakukan peninjauan lapangan ke salah satu kelompok tani yang sukses mengembangkan cabai dan bawang merah yaitu Kelompok Tani Tumbuh Berhasil di Simpang Perlang, Kecamatan Koba, Bangka Barat. Disana terlihat hamparan cabai dan bawang merah yang sehat meskipun ditengah anomali cuaca saat ini. 

Melihat potensi hortikultura yang besar di Bangka Tengah tidak hanya untuk mengembangkan komoditas sayuran semusim namun tanaman buah tahunan seperti durian sangat berpeluang untuk dikembangkan. Tercatat Kabupaten Bangka Tengah memiliki luas pertanaman durian kurang lebih 349,83 hektar. Dalam audiensi Bupati dan Direktur Perbenihan Hortikultura dilakukan pembahasan untuk mengembangkan durian unggul Kepulauan Bangka Belitung yaitu durian Namlung Petaling dan Klamunod. Komitmen untuk mengembangkan dan memasyarakatkan durian unggul menjadi semangat bersama yang harus terus dijaga. Selain untuk meningkatkan perekonomian daerah karena tingginya nilai jual durian Namlung dan Klamunod, juga untuk menjamin keberlanjutan dan kebermanfaatan plasma nutfah unggul dari Provinsi Bangka Belitung. Direktorat Perbenihan Hortikultura berkomitmen akan memberikan bantuan benih varietas Namlung dan Klamunod kepada Kabupaten Bangka Tengah.

Sinergi, konsistensi dan komitmen bersama antara pemerintah pusat dan daerah menjadi kekuatan untuk mewujudkan pertanian yang maju, mandiri, dan modern. (*/adv)


Kolom Komentar

You must login to comment...