Kepala NFA Arief Prasetyo Adi Raih Penghargaan The Indonesian Next Leader

Pangannews.id

Minggu, 04 Pebruari 2024 05:11 WIB

news
Kepala NFA Arief Prasetyo Adi Raih Penghargaan The Indonesian Next Leader. (Foto: Dok. NFA)

PanganNews.id Jakarta, - Di tengah giat upaya intensif yang dilakukan Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) untuk memperkuat struktur pengelolaan dan sistem pangan nasional, Kepala NFA Arief Prasetyo Adi dianugerahi penghargaan Inspiring Leaders oleh Media Indonesia sebagai bentuk apresiasi atas kiprah positif Arief menjadi salah satu pemimpin inspiratif yang mempunyai prestasi, kinerja, dan kontribusi untuk masyarakat, bangsa, dan negara.

Dalam keterangannya, Sabtu(03/02/2024), Arief mengungkapkan bahwa penghargaan sebagai Inspiring Leaders yang disematkan padanya bukan hanya menjadi pengakuan pribadi, melainkan juga memberikan motivasi sekaligus tanggung jawab lebih bagi dirinya serta jajaran Aparatur Sipil di lingkungan NFA untuk dapat menjadi teladan serta role model dalam memberikan kontribusi positif bagi negara.

“Dengan diberikannya penghargaan ini bukan kemudian menjadikan besar hati tapi malah memacu untuk saya secara pribadi dan juga teman-teman semua di NFA untuk dapat terus mempertahankan dan meningkatkan performa pelayanan serta kinerja kami, yang pada gilirannya bisa mendukung perkembangan pembangunan di sektor pangan.” ujar Arief.

Direktur Pemberitaan Media Indonesia yang juga panelis dalam buku The Indonesian Next Leaders, Abdul Kohar menilai, Kepala NFA Arief Prasetyo Adi patut menjadi contoh dalam memimpin lembaga negara. Ia mengungkapkan, peran NFA sebagai lembaga yang berfokus pada ketahanan pangan nampak dari dinamika dan ancaman krisis pangan yang dapat diatasi oleh Indonesia. 

Kohar juga menilai bahwa sosok Arief Prasetyo Adi sebagai pemimpin yang terbuka, dan menerima banyak masukan serta tidak pernah bersembunyi ketika ada kritik.

"Kepala Badan Pangan Nasional tidak bersembunyi ketika ada kritik. Misalnya dikritik jalannya lambat, tapi itu diterima, dijelaskan, dan diklarifikasi. Setelah itu beliau melakukan aksi percepatan dengan standar yang bukan birokasi lagi, tapi standar BUMN, bahkan seperti perusahaan swasta," kata Kohar.

Dalam acara penghargaan yang juga sekaligus launching dan bedah buku “The Indonesian Next Leaders” pada Kamis (1/2/2024), Kepala Pusat Data dan Informasi Pangan NFA Kelik Budiana mewakili Kepala NFA mengungkapkan, saat ini telah banyak pemimpin yang awalnya berasal dari kalangan eksekutif kemudian dipercaya untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab di lingkup Kementerian dan Lembaga. Menengok kredibilitasnya dalam kecekatan mengelola tantangan perubahan dan tangguh dengan visi yang kuat, dianggap mampu untuk memimpin lembaga pemerintahan di tengah dinamika dunia politik dan ekonomi yang terus berkembang.

“Sejak 2018 beliau memang sudah sering mendapat penghargaan, walaupun kami badan baru namun beliau sebagai pemimpin sudah banyak melakukan inovasi usaha yang dapat dirasakan bagi masyarakat banyak. Satu hal yang saya selalu ingat, beliau selalu mengatakan tidak cukup follow up tapi harus follow through, artinya kegiatan yang diupayakan bagi orang lain harus kita pastikan dijalankan sampai selesai dan tepat sasaran. ” ungkap Kelik.(*/Adv)

——————————

*Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:*

komunikasi@badanpangan.go.id

Telp : 087783220455


Kolom Komentar

You must login to comment...