IPB Ikut Serta Dalam Berkontribusi Melalui Kegiatan Campaign Kado Untuk Petani

Pangannews.id

Selasa, 14 September 2021 13:43 WIB

news
Foto : Campaign Kado Untuk Petani, IPB Berkolaborasi Dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Beserta Stakeholder.

PanganNews.id Bogor - IPB University merupakan instansi pendidikan yang memiliki concern di bidang pertanian. Relawan Mahasiswa IPB (REMI) hadir dan berkontribusi melalui kegiatan Campaign Kado Untuk Petani bagi pencapaian SDGs nomor 1 dan 2 terkait pemberantasan kemiskinan dan kelaparan “No Poverty” dan “Zero Hunger”.

Dengan membantu pemberian SAPROTAN bagi petani-petani kecil yang mengalami krisis di masa Pandemi COVID-19. Dengan bertujuan memuliakan para petani Indonesia di tengah gejolak kebutuhan akan pangan di Indonesia. Kemudian membantu sektor pertanian dan para petani di Indonesia khususnya di desa lingkar kampus IPB University yang mengalami krisis akibat Pandemi COVID-19.

Selain itu juga, mengapresiasi petani yang telah berjasa dalam menyediakan kebutuhan pangan di Indonesia. Luaran yang diharapkan para petani yang mengalami krisis akibat Pandemi COVID-19 dapat terbantu dan terus bekerja melalui pemberian kado untuk petani. Maka dari itu, Relawan Mahasiswa IPB di bawah naungan Kementerian Sosial Masyarakat, BEM KM IPB menginisiasi adanya “Campaign Kado Untuk Petani.” 

Campaign Kado Untuk Petani merupakan aksi kolaborasi antara Relawan Mahasiswa IPB dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) beserta stake holder seperti civitas akademika melaui platform media sosial, himpunan alumni, organisasi dan komunitas serta media massa (pangannews.id, agronews.id, dan radarsuara.com) untuk memberikan apresiasi kepada 58 petani Indonesia atas dedikasinya terhadap pertanian Indonesia.

Pentingnya peran pertanian harus diimbangi dengan besarnya perhatian semua pemangku kepentingan termasuk perhatian kepada para pelaku pertanian sebagai penggerak bidang pertanian. Dalam hal ini, menjadi salah upaya juga dalam mendukung SDGs nomor 17 yaitu patnerships for the goals. Maka dari itu REMI melalui platform KitaBisa.com, membuka penggalangan dana dengan target sebesar Rp 58.000.000 yang nantinya akan disalurkan pada saat Hari Tani Nasional tanggal 24 September - 30 September 2021 kepada para petani di Indonesia (Desa Lingkar Kampus IPB, Bogor).

Kegiatan ini merupakan gerakan untuk mendukung juga sektor pertanian dan kepedulian terhadap petani, mulai dari panen raya, tanam serentak, gerakan percepatan ekspor, pelatihan petani, pelatihan penyuluh, penghargaan dan gerakan petani millenial. Hasil donasi yang sudah terkumpul akan menjadi modal untuk membeli SAPROTAN (Sarana Produksi Pertanian) dengan anggaran masing-masing petani sebesar Rp 1.000.000.


Kolom Komentar

You must login to comment...